Pasang Iklan Disini!

01 Juli 2012

Lomba Foto Piala Presiden 2012 Tawarkan Rp110.000.000



Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar lomba dan pameran foto Indonesia 2012 bertema "Cinta Indonesia, Dari Mata Ke Hati" yang memperebutkan Piala Presiden RI dengan hadiah total Rp110.000.000. 
"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para fotografer baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk dapat berkarya, bercerita, serta menampilkan berbagai keunikan dari daerahnya masing-masing melalui fotografi. Ini adalah proses apresiasi, ekspresi yang diapresiasi," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Selasa. 
Ia mengatakan, lomba dan pameran foto Indonesia itu ide awalnya berasal dari Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, sebagai salah satu rangkaian dalam acara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 
Kegiatan itu merupakan ketiga kalinya dan selama kurun waktu tiga tahun terakhir terbukti telah mendapatkan apresiasi besar dari para pecinta fotografi di Tanah Air. 
"Tema yang dipilih Cinta Indonesia, Dari Mata Ke Hati menggambarkan kecintaan kita warga negara Indonesia baik yang tinggal di kota-kota besar maupun di pelosok daerah tentang bagaimana mencintai tanah tumpah darahnya," katanya. 
Selain itu, tema juga diharapkan mampu mengungkap cinta terhadap keberagaman budaya dan cinta terhadap sesama warga negara walaupun berbeda suku. 
Seni fotografi dianggap mampu mewakili upaya untuk mengekspresikan kecintaan terhadap tanah air di mana sebuah gambar dapat menceritakan keindahan, keadaan, budaya, adat istiadat, dan kebiasaan sesuai asal daerah masing-masing. 
Keunikan dan keberagaman budaya melalui pemikiran kreatif dan matang dianggap mampu menghasilkan karya yang dapat memberikan kesadaran berada di negeri sendiri. 
"Fotografer membidik dengan mata, dari foto itu berbicara tentang cinta terhadap negara kita," katanya. 
Pihaknya menargetkan lomba foto 2012 akan menerima karya foto minimal 3.500 karya. 
Sejak Mei 2012 sampai 22 Juni 2012 tercatat jumlah pengirim sudah sebanyak 377 orang dengan jumlah karya foto sebanyak 1.384 karya dan diharapkan akan terus bertambah sampai penutupan penerimaan karya pada Jumat, 27 Juli 2012 pukul 24.00 WIB. 
Tahun lalu, karya foto yang masuk mencapai 2.575 buah terdiri 85 pelajar (327 karya), 219 mahasiswa (795 karya), dan 417 orang dari kalangan umum (1.453 karya). 
Pada 2010 jumlah karya foto yang masuk ke panitia hanya sebanyak 458 karya dari 189 fotografer yang terbagi dalam tiga kategori yakni 61 pelajar (81 karya), 26 mahasiswa (62 karya), dan 102 orang dari kalangan umum (316 karya). 
Nominator sebanyak 30 karya foto terbaik akan diumumkan pada Sabtu, 4 Agustus 2012 melalui website www.parekraf.go.id dan seluruh nominator akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop fotografi. 
Pemenang akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp110.000.000 dan Piala Presiden. 
Kategori pelajar akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp30 juta untuk Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, dan Harapan II. 
Kategori mahasiswa akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp35 juta untuk Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, dan Harapan II. 
Kategori umum akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp45 juta untuk Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, dan Harapan II. 
Penyelenggaraan pameran dan penyerahan hadiah akan dilakukan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 14 Agustus 2012 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, bersamaan dengan acara Silaturahmi Presiden RI dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Pasukan Kehormatan Taruna Akademi TNI dan Akpol, Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara, dan para Teladan Nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

*