Pasang Iklan Disini!

08 Mei 2012

Banyaknya Manfaat ASI Bagi Si Bayi



Banyak ibu yang panik saat bayinya mengalami gumoh. Berdasarkan riset, Air Susu Ibu (ASI) ternyata baik jadi penawarnya.

Penelitian yang dilakukan di dalam dan luar negeri menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI eksklusif tidak akan mengalami gumoh sebanyak bayi yang diberikan susu formula.

Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2004 oleh tim dokter di RSCM Jakarta terhadap 138 bayi ditemukan intensitas bayi yang gumoh lebih banyak dijumpai pada bayi yang mengonsumsi susu formula

"Ibu ASI jangan tidak pede menyusui anaknya karena takut gumoh. Malahan menyusui ASI mengurangi gumoh," papar Dr Badriul Hegar, SpA., PhD dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM Jakarta (3/4).

Rencananya, temuan ini akan dijadikan kampanye untuk penggalangan ASI eksklusif. "Data ini akan menjadi acuan untuk kampanye ASI bahwa betapa pentingnya ASI bagi bayi di Indonesia," tambahnya.

Dr. Hegar juga menambahkan bahwa tidak semua bayi bisa menyusui ASI. Untuk mengatasinya, Dr. Hegar menyarankan para ibu melakukan tips modifikasi.

"Ibu boleh mencoba mencampurkan 100 cc susu dengan 5 gram tepung beras. Jika ibu dari keluarga mampu, boleh menggunakan susu komersial," tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

*