Pasang Iklan Disini!

11 Desember 2011

Mesin Baru Ramah Lingkungan dari Honda


Honda Motor Co. Ltd memperkenalkan mesin baru untuk mobilnya yang diklaim makin ramah lingkungan dan diberi nama Earth Dreams Technology. Mesin ini diklaim mampu meningkatkan performa saat mobil dikendarai serta konsumsi bahan bakar yang makin efisien alias irit.
Efisiensi terjadi pada setiap komponen pembakaran internal pada mesin bensin dan mesin diesel Honda beserta sistem transmisinya dan mesin Honda yang bertenaga listrik (EV) dan teknologi motor listrik (FC) yang lebih baik lagi dibandingkan pendahulunya.
Teknologi mesin terbaru ini telah dipasang pada varian mobil terbaru Honda, yaitu N-Box.
Secara bertahap teknologi ini juga akan diimplementasikan pada model mobil-mobil Honda lainnya. Honda menargetkan, efisiensi bahan bakar bisa seminimal mungkin di setiap kategori tenaga mesinnya dalam waktu tiga tahun. Disamping itu, Honda akan mengurangi kadar emisi gas CO2-nya sebesar 30 persen hingga tahun 2020 mendatang.
Ada enam fitur pada teknologi Earth Dreams Technology ini.
- Pada mesin bensin, teknologi ini mampu memaksimalkan kinerjanya dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi. Dengan mengangkat teknologi mesin orisinal Honda yaitu VTEC, berbagai rentang varian kapasitas mesin bensin yang ditawarkan Honda mulai dari yang 0,66 liter, 1.3 liter, 1.5 liter, 1.8 , 2.0 , 2.4 , dan 3.5 liter, mampu memberikan tingkat bahan bakar yang lebih baik sebesar 10-15 persen dibandingkan model sebelumnya.
- Pada mesin diesel dengan bentuk lebih kompak dan bobot paling ringan di dunia, teknologi ini mampu meningkatkan akselerasi kinerja mesin sekaligus memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Honda memperkenalkan varian mesin baru untuk mesin dieselnya dengan mencangkokkan teknologi ini pada varian mesin diesel berkapasitas 1.6 liter, disamping mesin diesel 2.2 liternya yang telah ada sebelumnya. Kadar emisi gas buang bahan bakarnya diklaim bisa turun hingga 15 persen.
- Teknologi CVT (Continuously Variable Transmission) yang dimiliki Honda menggabungkan tingkat kesenangan dalam mengemudi yang tinggi disertai efisiensi dalam konsumsi bahan bakar. Desain baru teknologi CVT diklaim Honda mampu menghemat konsumsi bahan bakar sebesar 5-10 persen.
- Sistem dua motor (hybrid) yang lebih baik lagi. Tenaga baterai lithium-ion baru pada mesin berteknologi ini mampu memberikan daya sebesar 120 kW yang didesain khusus untuk mobil plug-in hybrid dan listrik (EV).
- Efisiensi tinggi pada asupan tenaga listrik SH-AWD yang menggabungkan pengendalian sistem kemudi yang lebih unggul dengan kinerjanya yang lebih remah lingkungan. Efisiensi ini ditujukan pada mobil Honda berkapasitas mesin besar dengan menggabungkan mesin 3.5L V6 dengan sistem hybrid yang akselerasi mesinnya diklaim setara dengan mesin V8.
- Efisiensi tinggi dan kompak terhadap power train listrik untuk mobil-mobil bertenaga baterai agar perjalanan jadi semakin nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar

*