Pasang Iklan Disini!

27 Agustus 2011

1.100 Km Jalur Mudik masih Rawan Macet

SEBANYAK 1.100 km dari sekitar 11 ribu km jalan nasional yang menjadi lintasan utama mudik masih berada dalam tahap perbaikan. Sebagian besar proyek perbaikan itu terdapat pada sejumlah titik di Pulau Jawa dan Sumatra yang selama ini kerap menjadi lokasi kemacetan saat arus mudik Lebaran.
Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak mengakui hal itu di Jakarta, kemarin. Menurut Hermanto, upaya perbaikan oleh Kementerian PU tengah dilakukan di sejumlah ruas jalan yang masih dalam kondisi bergelombang dan berlubang sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan pada saat arus mudik nanti.Beberapa ruas jalan yang tengah diperbaiki itu antara lain adalah ruas jalan Bakauhe-ni-Ketapang, Lampung, ruas Tol Jakarta-Merak, dan ruas jalan Cile-unyi-Nagreg, Jawa Barat. Namun, ruas jalan yang cukup banyak mengalami perbaikan berada di wilayah Jawa Tengah, khususnya jalur pantura.
Ruas jalan Jawa Tengah yang masih berada dalam perbaikan antara lain adalah ruas-ruas jalan Losari-Brebes, Peka-longan-Kendal, Trengguli-Pati, Pati-Rembang, serta ruas jalan Rembang-Bulu. Namun, Hermanto memastikan seluruh proyek perbaikan itu akan selesai pada H-10 sebelumperayaan Idul Fitri."Dari 11 ribu km jalan nasional, 90l; di antaranya sudah bisa dirungsionalisasikan untuk arus mudik. Sepuluh persen sisanya sedang kami kejar kurang dari 20 hari ini karena masih ada upaya perbaikan supaya nyaman dilewati. Tapi yang pasti, H-10 proyek sudah selesai," jelasnya.
Dirjen Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan Kementerian PU juga sudah mempersiapkan langkah antisipatif di sejumlah ruas jalan yang rawan longsor."Di sejumlah titik longsor seperti Cadas Pangeran dan Ambarawa-Magelang, kami akan sediakan alat berat untuk stand-by mulai H-10 hingga H+10. Dan untuk mengantisipasi pasar tumpah, kami bekerja sama dengan kepolisian setempat agar dibentuk pagar betis," tandasnya.Pada bagian lain. Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan pemerintah akan menyiapkan kendaraan berupa truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik Lebaran 2010."Kita bantu mereka untuk mengurangi angka kecelakaan," kata Freddy, seusai rapat koordinasi di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, kemarin.Menurut dia, agar tidak membebani pemudik, pengangkutan sepeda motor itu akan diupayakan gratis

0 komentar:

Posting Komentar

*