Pasang Iklan Disini!

30 Desember 2012

All New V-Ixion


Yamaha All New Vixion 2013
Banyak orang awam akan deltabox. Deltabox adalah salah satu jenis sasis atau rangka pada sepeda motor. Istilah asingnya adalah 'perimeter frame', namun sering disebut dengan deltabox. Rangka perimeter ini banyak digunakan pada motor sport modern atau motor balap.
Ketika kali pertama Yamaha V-Ixion muncul pada 2007 silam, langsung mencuri perhatian konsumen maupun kompetitor, karena motor sport ini menggunakan sasis deltabox. Dan belum pernah dijumpai model ataupun merek lain yang menggunakan frame model tersebut yang digunakan pada motor di kelas 150 cc.
Sehingga, deltabox sudah menjadi trademark Yamaha. Bentuk deltabox sendiri adalah kerangka atau sasis kotak (box) yang disusun berbentuk segitiga (delta) yang digunakan pada sepeda motor keluaran Yamaha. Deltabox terletak di antara segitiga komstir dan poros lengan ayun belakang.
Yamaha selaku pionir dalam mengaplikasikan deltabox di Vixion, terus mengembangkan teknologi sasis tersebut pada produk New Vixion yang baru dirilis pada akhir tahun 2012.
Memang, tidak ada perbedaan mendasar pada deltabox Vixion dari tahun ke tahun, yang ada hanya perbedaan warnanya. Seperti pada tahun 2009, saat itu deltabox dibalur dengan warna putih dan tahun selanjutnya berwarna hitam.
Menurut, M. Abidin, GM Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pertimbangan memakai sasis Deltabox menyangkut kemampuan manuver, kerampingan, dan posisi engine mounting demi kemudahan perawatan di bengkel.
Ia mengambil contoh pada New V-Ixion yang menggunakan deltabox, produk terbaru Yamaha ini terlihat lebih kokoh dan rapi serta mempunyai kemampuan akselerasi serta manuver seperti RX-King. Padahal secara profil, motor 4-tak ini tak bisa menyamai pendahulunya tersebut.
"Untuk mendukung performa dan tampilan pada New V-Ixion, maka motor sport ini masih menggunakan Deltabox," tutup Abidin.

0 komentar:

Posting Komentar

*